Cara mengatasi Hidung tersumbat

8:23:00 AM
cara mengatasi hidung tersumbat,hidung tersumbat memang sangat menggangu aktifitas kita sehari hari,bernafas juga akan terganggu jika hal ini kita alami. Untuk itu kita harus tau bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat.Hidung tersumbat juga akan mengakibatkan sakit kepala dan pusing serta tidak mungkin akan menyebabkan terjadinya sakit atau demam.Hidung tersumbat dapat terjadi ketika jaringan dan pembuluh darah yang ada disekitar area hidung membengkak akibat adanya cairan yang berlebih. Kondisi ini biasanya dengan disertai keluarnya ingus dari dalam hidung. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan hidung mempet atau hidung tersumbat adalah.
  • Flu
  • Pilek
  • Alergi
  • Sinusitis
Jadi ketika hidung tersumbat, hal yang perlu anda lakukan sebagai langkah pengobatan hidung tersumbat atau biasanya disebut dengan hidung mepet agar bisa segera diatasi untuk jenis hidung tersumbat ini, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk penecagahn hidung tersumbat maupun cara mengatasi hidung tersumbat.

1. Usahakan untuk sering membuang ingus anda

Penyebab terjadinya hidung tersumbat adalah flu atau pilek, jadi untuk itu disarankan agar anda sering membuang ingus, dengan tujuan tentunya untuk mengurangi tersumbatnya hidung anda.Namun membuang ingus jangan terlalu keras, cukup lakukan dengan cara yang biasa saja, atau cara membuang ingus yang biasa anda lakukan, Jika anda membuang ingus secara keras atau paksa, maka hal buruk bisa terjadi. contohnya hidung berdarah.

2.cuci Hidung tersumbat dengan garam

Garam yang biasanya digunakan sebagai bumbu campuran masak di dapur, tampa disadari banyak memiliki manfaat yang bisa dijadikan bahan pengobatan, salah satunya obat hidung tersumbat. cara menggunakan garam sebagai bahan pengobatan hidung tersumbat sebagai berikut.

  • Sediakan 1 sendok teh garam dan 1 sendok teh banking soda
  • Kemudian aduk kedua bahan diatas sampai merata dan simpan dalam wadah kedap udara
  • Untuk membuat larutannya, ambil 1 sendok teh bahan tadi kemudian campurkan dengan  230 ml air hangat
  • tuangkan larutan tadi kedalam syringe, kemudian bersandarlah ke wastafel sambil memiringkan kepala anda
  • Tuangkan secara pelan pelan larutan yang sudah kamu buat tadi ke area hidung yang tersumbat
  • Selama proses pengobatan ini berlansung, kamu bisa bernafas melalui hidung

3.Komsumsi makanan Pedas

Meskipun makanan yang pedas tidak disukai oleh beberapa orang, namun hal ini bisa dijadikan sebagai bahan pengobatan hidung tersumbat. Makanan yang pedas dapat membantu meningkatkan sirkulasi dalam darah anda. Dengan demikian mengkomsumsi makanan yang pedas dapat membantu proses penyembuhan hidung tersumbat yang anda alami. contoh makanan pedas yang dapat kamu komsumsi seperti makan mie, makan bakso, makan sambel cabe,sup dan makanan pedas lainya.

Cara mengobati Hidung tersumbat

Kenali gejala atau penyebab terjaadinya hidung tersumbat

Sebelum kita mengasi dan mengobati hidung tersumbat, ada baiknya kita kenali dulu penyebab terjadinya hidung tersumbat. Nah berikut beberapa penyebab terjadinya hidung tersumbat.
  • penyakit pilek
  • tingkat kelembaban yang rendah sehingga suhu pada badan anda berkurang
  • adanya alergi pada suatu tempat, seperti tempat tidur atau ruangan
Cara Ampuh mengatasi Hidung tersumbat dengan beberapa langkah berikut
  • Cara ampuh mengatasi hidung tersumbat dengan mandi pakai air hangat. Air hangat dapat membantu mengatasi hidung tersumbat,air hangat juga dapat membantu menjaga kestabilan suhu pada tubuh.
  • Cara mengatasi hidung tersumbat dengan minum air sangat penting menjaga kesehatan tubuh tetap terhidrasi dan fresh,hal ini secara tidak lansung dapat meringankan hidung yang teritasi dan mencegah penyumbatan sinus.Anda dapat minum air hangat sedang yang dapat mengeluarkan zat zat racun dari dalam tubuh.
  • cara mengatasi hidung tersumbat dengan mengatur cara tidur.Cara tidur yang benar juga dapat membantu menjaga dan mengatasi hidung tersumbat. Usahakan tidur anda dengan meninggikan kepala anda, dengan menggunakan bantak sebagai alat penopang kepala anda. Hal ini juga sangat efektif untuk membantu mempermudah pernafasan anada.
  • cara mengatasi hidung tersumbat dengan minum air jeruk hangat
  • Jeruk sangat kaya akan manfaat,salah satunya untuk manfaat mengatasi hidung tersumbat.Anda dapat meminum air perasan jeruk dan dicampur dengan air hangat sedang,hal ini juga dapat membantu menjaga kekebalan pada tubuh,sehingga tubuh akan lebih kuat dan terhindari dari beragam penyakit lainya.salah satunya dapat mengatasi hidung tersumbat.
  • cara mengatasi hidung tersumbat dengan air garam.masukan garam kedalam air hangat, dan aduklah hingga benar benar larut dalam air hangat tersebut.kemudian lakukan berkumur beberapa kali dengan air garam,hal ini untuk mengalirkan lendir dan membuka sumbatan pada hidung anda.
  • cara mengatasi hidung tersumbat dengan bawang.bawang tidak hanya bermanfaat untuk bumbu masakan saja, namun tampa kita sadari bawang juga mampu menjaga dan mengobati hidung tersumbat.

Nah, bagaimana menurut anda cara mengatasi hidung tersumbat diatas, maupun cara mengobati dan mencegah hidung tersumbat. sangat mudah bukan? Hidung tersumbat memang sering kali menganggu, dan bahkan sampai mengakibatkan susah bernafas, sebagian orang yang mengalami hidung tersumbat ada yang bernafas melalui mulut, untuk itu ada baiknya kamu ketahui cara mengatasi hidung tersumbat seperti yang sudah admin jelaskan diatas secara rinci.Semoga bermanfaat ya. Demikianlah artikel singkat ini kami buat,semoga dengan adanya artikel singkat tentang cara mengobat hidung tersumbat,cara mengatasi hidung mepet,solusi hidung tersumbat,pengobatan hidung tersumbat dapat membantu anda dalam mengatasi dan mengobati hidung tersumbat.Admin mohon maaf bila ada salah kata dalam penulisan artikel diatas.


Jika Bermanfaat, Mohon Bagikan Artikel ini:
Sebelumnya
Next Post »