Bagaimana cara Klaim Asuransi Kebakaran yang baik dan benar

4:32:00 PM
Asuransi Properti seperti asuransi rumah tempat tinggal sangatlah penting.Karena dengan adanya asuransi rumah atau asuransi kebakaran tentunya kita akan lebih merasa nyaman dan tenang dengan adanya asuransi kebakaran ini.Asuransi kebakaran sangat bermanfaat untuk melindungi rumah atau property kita sebagai pelindung dari hal hal yang tidak kita inginkan, seperti hal nya terjadi musibah kebakaran pada sebuah rumah. Nah, dengan adanya asuransi rumah yang telah didaftarkan pada perusahaan asuransi, tentunya akan ada tanggung jawab atau ganti rugi yang akan anda dapatkan sesuai dengan jumlah premi yang sudah disepakati pada awal anda mendaftar asuransi kebakaran ini.

Proses Klaim asuransi harus sesuai dengan tanda tangan kontrak pada awal anda menyetujuai ketentyan dan prosedur klaim asuransi tersebut. Pihak Asuransi tidak akan menanggung atau tidak akan mengganti rugi property anda jika tidak sesuai dengan isi perjanjian awal anda mendaftar asuransi atau pada saat pihak asuransi menjelaskan pada anda mengenai hal hal apa saja yang akan di tanggung jika terjadi kebakaran. Karena pada saat anda mendaftar akan dijelaskan secara terperinci hal hal apa saja yang bisa di tanggung jika terjadi musibah kebakaran.

Bagaimana cara Klaim Asuransi Kebakaran rumah

Untuk Prosedur mengajukan klaim asuransi kebakaran, bisa anda lihat secara lengkap dan jelas pada artikel berikut ini.


1.Silahkan anda lapor pada pihak penanggung. Tertanggung harus sesegera mungkin melapor atau memberitahukan pada pihak asuransi tentang musibah yang sedang terjadi.

2.Kemudian anda buat laporan mengenai hal hal kerugian yang anda alami atas apa musibah yang terjadi
  • tempat, tanggal beserta waktu kejadian 
  • Penyebab terjadinya kebakaran atau musibah tersebut
  • Besarnya kerugian atau berapa jumlah kerugian yang dialami oleh pihak tertanggung yang dilengkapi dengan segala sesuatu yang terkabar. 
  • Informasikan juga hal hal yang perlu sekiranya untuk disampaikan pada pihak asuransi

Berikut informasi lengkap mengenai syarat syarat atau document yang anda perlukan untuk melengkapi klaim asuransi kebakaran anda. Dengan adanya data data atau dokument pendukung ini tentunya akan mempermudah anda dalam hal mengklaim asuransi kebakaran.Sehingga proses klaim kebakaran dapat secepat mungkin diproses dan dana akan mudah cair juga.


1.Document pendukung untuk klaim asuransi pencurian

  • surat klaim ditulis secara resmi kemudian serahkan pada pihak asuransi dimana anda mendaftar
  • barang barang yang rusak atau hilang harus dicata dengan spesifikasi yang jelas untuk 
  • memverifikasi barang yang hlang/rusak
  • ulasan mengenai kejadian harus diterangkan secara jelas. 
  • membawa surat keterangan kehilangan dari kepolisian untuk diserahkan pada pihak suransi
  • Buat juga penawaran harga untuk penggantian barang yang hilang/rusak

2.Document pendukung untuk klaim kerusakan



  • Surat klaim ditulis secara resmi kemudian serahkan pada pihak asuransi
  • pencatatan barang barang yang rusak harus jelas dan detail
  • Ulasan mengenai kejadian
  • Laporan penyebab kejadian
  • Cantumkan juga penawaran harga penggantian barang
Demikianlah artikel singkat mengenai cara klaim asuransi kebakaran ini, semoga dengan adanyaa artikel ini bisa membantu anda.




Jika Bermanfaat, Mohon Bagikan Artikel ini:
Sebelumnya
Next Post »