Tips dan cara menjaga kesehatan paru paru

10:55:00 AM
Tips dan cara menjaga kesehatan paru paru, paru paru adalah organ yang ada dalam tubuh tepatnya berada dalam dada. Fungsi utama paru paru adalah menukarkan oksigen dengan karbondioksida atau biasanya disebut juga dengan proses pernafasan.Paru paru juga memiliki peran penting yaitu mengalirkan darah keseluruh tubuh.Organ paru paru ini terdapat pada mamalia, termasuk manusia. Paru paru bertugas untuk mengalirkan darah keseluruh tubuh dan merupakan salah satu system ekskresi.

Paru paru merupakan salah satu organ dalam pernafasan yang berfungsi untuk menukarkan udara dengan oksigen yang biasa disebut dengan system pernafasan. Nah,m untuk menjaga paru paru agar tetap sehat, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar paru paru sehat dengan normal tampa adanya penyakit yang membahayakan paru paru kita.

Tips dan cara merawat kesehatan paru paru


















Adapun cara menjaga kesehatan paru paru adalah sebagai berikut

1.Belajar cara bernafas dengan baik Belajar bagaimana cara bernafas dengan baik dan benar sangat di anjurkan, terutama bagi anda yang mengalami gangguan pernafasan. Anda bisa memperlajarinya dari orang yang ahli seperti terapi dan dokter.

2.Minum air putih secukupnya Air putih memiliki banyak khasiat bagi tubuh kita. Air putih mengandung oksigen yang dapat membantu menjaga kesehatan paru paru dan mengoptimalkan kinerja paru paru dalam tubuh.

3.Olahraga Secara Rutin Tidak bisa dipungkiri bahwa olahraga banyak memiliki manfaat, yang pastinya buat kesehatan tubuh kita. Olahraga yang teratur dapat membantu kesehatan tubuh kita, termasuk organ paru paru dalam tubuh.

4.Makanan Sehat Makanan yang sehat juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh kita, termasuk organ vital dalam tubuh kita, seperti menjaga kesehatan paru paru. Usahakan untuk mengkomsumsi makanan sehat dan makanan yang mengandung gizi seimbang.

5.Hindari makanan dan minuman bergas atau bersoda Makanan atau minuman yang mengandung soda atau gas, seperti alkohol sangat buruk untuk kesehatan tubuh kita. Untuk itu sebisa mungkin jauhi makanan dan minuman yang bersoda untuk kesehatan tubuh kita.

6.Mengurani makanan yang mengakibatkan lendir pada paru paru jauhi makanan yang mengandung lendir yang mengakibatkan kerusakan atau penyakit pada paru paru. Lendir yang melekat pada paru paru yang sudah lama sangat akan membahayakan tubuh kita. Jagalah dan rawatlah tubuh kita sebaik mungkin,karena kesehatan itu sangat mahal sekali.Jaga kesehatan tubuh kita sebaik mungkin,rutin lakukan olahraga yang teratur, komsumsi makanan sehat.Semoga dengan adanya artikel singkat tentang cara menjaga kesehatan paru paru, dan cara merawat kesehatan paru paru ini bisa mengatasi masalah anda dalam menjaga kesehatan paru paru.

7.Menggunakan Masker Salah satu cara yang dapat dilakukan agar tidak menghirup udara kotor adalah dengan memakai masker wajah saat bepergian, hal ini sangat baik untuk menjaga paru paru dari debu dan polusi yang sangat berbahaya bagi kesehatan, terutama pada paru paru anda. Dengan memekai masker penutup wajah, anda akan terhindari dari serangan debu dan polusi yang membahayakan paru paru dan bahkan bisa menjadikan paru paru terserang infeksi jika masuk debu atau polusi.

8.Jauhi Asak R*k*k

Asap rokok dapat menyebabkan terjadinya penyakit paru paru yang membahayakan kesehatan. Jika anda terbiasa dengan asap rokok, mulai saat ini usahakan untuk menghindari asap rokok yang tidak akan ada manfaatnya sama sekali bagi kesehatan kita. Rajinlah melakukan olahraga yang dapat membuat paru paru anda menjadi sehat dan segar.

9.Kontrol tekanan Darah Penyakit paru paru atau penyakit ginjal biasanya dipicu oleh tekanan darah tinggi, untuk itu sebaiknya jika anda merasakan penderita penyakit ginjal, usahakan untuk melakukan kontrol kerumah sakit secara berkala, untuk menghindari hal hal buruk yang dapat terjadi pada anda.

Cek kondisi kesehatan anda secara berkala ke rumah sakit bila anda mengalami kendala penyakit paru paru. Agar hal hal buruk tidak terjadi pada anda. Jika organ bagian dalam sudah terkena penyakit, maka akan sangat sulit untuk menyembuhkan agar kembali normal, untuk itu selagi anda sehat dan belum terkena serangan penyakit. Usahakan semaksimal mungkin untuk selalu rutin berolahraga dan mengatur pola makan sehat. Demikianlah artikel singkat ini admin tulis, semoga bermanfaat.

Kata kunci Terkait


Jika Bermanfaat, Mohon Bagikan Artikel ini:
Sebelumnya
Next Post »