cara menyembunyikan file data penting dilaptop hidden data pada komputer

1:54:00 PM
File data penting sering kali kita simpan di komputer atau pada laptop, data yang kita simpan di komputer adalah data data file penting dan bersifat pribadi atau dengan kata lain tidak boleh orang lain membaca data, melihat file atau bahkan mengambil file penting tersebut. Lalu apa jadinya jika komputer yang anda miliki tersimpan data data penting dipakai oleh teman, saudara atau orang lain, tentunya file data penting anda akan diketahui atau bisa dibaca oleh pemakai komputer tersebut. Oleh karena itulah kamu perlu menyembunyikan file data penting pada komputer atau cara mehidden data dalam laptop. Biasanya data yang sudah disembunyikan akan sulit bisa dilihat orang lain, bahkan hidden data tidak akan bisa dibaca orang lain sebelum data itu dikembalikan.

Lalu apakah data yang disembunyikan bisa hilang? jawabanya tidak, karena data yang disembunyikan hanya bersifat sementara, jika anda ingin memunculkan kembali data yang disembunyikan anda hanya perlu melakukan settingan pada fitur Hidde data atau hidden folder menjadi kembali lagi, maka dengan demikian data yang kamu sembunyikan akan kembali muncul. Cara menyembunyikan data bisa secara manual dan bisa juga dengan menggunakan bantuan sofware hidde data. Penasaran bagaimana cara menyembunyikan data di komputer atau cara mehidden file di laptop, yuk lansung kita lihat langkah langkah sembunyikan data berikut ini.


A. Cara menyembunyikan data dengan cara manual Properties


  • Klik kanan pada folder dimana anda meletakan data atau file yang akan disembunyikan
  • Pilih properties
  • pada tab" general" geser ke bawah
  • silahkan kamu ceklis pada pilihan " Hidden" lanjut OK
  • Untuk menyimpan pengaturan pilih " Apply changes to this folders only"
  • lanjut buka menu " Organize" yang posisinya pada pojok kanan atas, lanjut pilih folder option
  • lanjut tab" View"
  • kemudian pilih" Don't show hidden files, folders, dan drivers
  • selesai.
Dengan demikian maka data yang anda simpan dalam folders yang sudah dihidden tidak akan terlihat lagi,cara ini adalah cara manual dan cara paling mudah yang ada pada komputer atau laptop yang berfungsi untuk menyembunyikan data,file penting anda.



B. Cara menyembunyikan data file dengan command prompt


Selain cara diatas untuk menyembunyikan data penting di komputer atau laptop, kamu juga bisa menyembunyikan data komputer melalui command prompt yang akan bermanfaat untuk menyembunyikan data penting kamu. Kali ini kita akan memanfaatkan fitur command prompt untuk mehidden data pada komputer, berikut caranya.




  • Tekan " Windows + R pada keyboard anda untuk membuka fitur RUN
  • Lanjut dengan mengetikan CMD, lanjut dengan menekan Enter untuk menjalankan fungsi dari CMD pada Command Prompt ini
  • Selanjutnya jika command prompt sudah terbuka, silahkan kamu ketikan perintah berikut untuk menyembunyikan data anda" Attrib+s+h E:\Rahasia ( nama folder adalah rahasia)
  • Lanjut Enter, maka dengan menjalakan perintah tersebut folders yang ada data yang ingin kamu sembunyikan tidak akan terlihat lagi
  • Jika suatu hari nanti kamu ingin melihat atau memunculkan kembali data yang disembunyikan, kamu bisa ketikan perintah yang sama dengan perintah diatas, namun tanda ( + ) di rubah menjadi tanda ( - ) agar data bisa muncul.


Demikianlah cara menyembunyikan data penting anda pada komputer, selain itu kamu bisa juga mehidden file penting dalam laptop yang akan besar manfaatnya jika data penting disembunyikan. Dengan menyembunyikan data penting ini, juga akan terhindari dari data terhapus baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Karena data yang akan dihapus tidak terlihat. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan anda pada laman blog ini.




Jika Bermanfaat, Mohon Bagikan Artikel ini:
Sebelumnya
Next Post »