Cara memelihara kelinci hias

8:31:00 AM
Kelinci adalah binatang kecil yang berbulu halus dan lembut serta dengan wajah yang imut dan tampan, hewan ini sudah dijadikan sebagai hewan peliharaan jinak sejak zaman dahulunya dan sampai sekarang banyak yang menyukai kelinci sebagai hewan peliharaan yang mengemaskan.Di indonesia kelinci sudah banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan dan sudah menjadi pemasaran jual beli ternak kelinci untuk dipelihara. Jika anda ingin memelihara kelinci,sebelum anda membeli kelinci ada baiknya anda ketahui bagaimana cara memelihara kelinci yang baik,cara memberikan makanan kelinci, cara membersihkan kandang kelinci serta cara perawatan khusus kelinci agar kelinci yang anda pelihara tetap sehat. Berikut ini kami beberkan panduan lengkap tata cara memelihara kelinci dengan benar dan tepat agar kelinci hewan peliharaan anda bisa berkembang biak dengan cepat.




Cara mudah mendapatkan bibit kelinci hias peliharaan yang bagus

Kelinci berbulu halus sudah banyak di pasarkan di indonesia, mulai dari pasar sampai ke pedagang kaki lima ada yang menjual kelinci bulu halus sebagai hewan peliharaan ini.Sebaiknya anda jangan membeli kelinci yang dijual di pinggir jalan, dikarenakan kelinci tidak diketahui berapa lama kelinci berada dalam kandangnya.Jika anda sempat membeli kelinci yang stres akibat terlalu lama berdiam dalam kandang, resiko kematian pada kelinci sangat tinggi, jadi kami sarankan jangan membeli kelinci di pinggir jalan untuk mengatasi kerugian pada kelinci yang anda beli.

Hal yang tepat untuk membeli kelinci adalah dengan mengunjungi tempat penjualan kelinci khusus, misalnya ditempat pasar penjualan hewan ternak yang ada kelincinya, nah inilah tempat yang pas untuk anda membeli kelinci hewan peliharaan anda. Hewan peliharaan yang dijual di pasar khusus hewan akan lebih baik terjamin kesehatan dan umur kelinci yang anda beli dapat lansung anda tanyakan pada penjual hewan ternak kelinci peliharaan ini. Anda perlu mengetahui hal hal berikut sebelum anda membeli kelinci peliharan.

  • Jangan membeli kelinci yang cendrung diam dan tidak mau makan, biasanya kelinci yang sehat ddapat dilihat dari gaya kelinci dalam kandang,biasanya kelinci yang sehat akan gembiran dan nafsu makannya sangat tinggi, telitilah sebelum anda membeli hewan ternak kelinci untuk peliharaan.
  • Jangan membeli kelinci yang terpisah secara per ekor karena dapat mengakibatkan kelinci stress,kelinci yang sudah stress akan mudah mengalami kematian.
  • Anda bisa memperhatikan kelinci yang stress dengan melihat kaki kelinci,biasanya kelinci yang stress akan sering untuk mencakar cakr kandang,sehingga akan mengakibatkan kaki kelinci terluka.
  • Kelinci yang sehat biasa akan terhindari dari air liur,baik air liur dari mulut maupun air liur dari air mata,sebagian kelinci memiliki mata merah yang kebanyakan disebabkan dari air mata yang berlebihan.
  • Perhatikan bagian kulit luar kelinci, jangan sampai anda membeli kelinci dengan kulit yang rusak atau bagian tubuh kelinci ada yang terluka atau terkena serangan penyakit, karena jika anda membeli kelinci dalam keadaan sakit akan sangat susah untuk menyembuhkan kembali.


Hal yang anda perlukan sebelum merawat kelinci peliharaan

Jika anda ingin memulai usaha dalam merawat kelinci peliharaan, sebaiknya anda tekadkan niat untuk bersedia memelihara kelinci dalam janga waktu lebih kurang 10 tahum kenapa dekimian, karena kelinci rata rata memiliki umur yang cukup panjang jika tidak di pelihara dengan baik,maka usaha anda akan sia sia, jadi sebaiknya anda bulatkan niat dulu sebelum memutuskan untuk memelihara kelinci. Hal hal yang anda perlukan sebelum memulai memelihara kelinci adalah.

  • Kandang kelinci
  • kelengkapan makanan kelinci
  • obat obatan
  • Kelengkapan anti septik

Ukuran kandang kelinci peliharaan

Biasanya ukuran kandang kelinci hias hewan peliharaan besar seperti type satin,flam,new zealand sekurang kurangnya memiliki ukuran kandang lebar  50cm x 70cm serta tinggi lebih 50cm.Kandang kelinci bisa dibuat dari bahan bambu, namun jika kandang akan anda letakan dalam rumah tentunya hal ini tidak akan indah di pandang mata,kandang kelinci yang dibuat dari bahan bambu sebaiknya anda letakan diluar rumah.Namun jika anda berniat meletakan kandang kelinci dalam rumah,sebaiknya anda gunakan bahan membuat kandang kelinci dari besi ataupun dari kawat, ini akan lebih baik.

Kandang kelinci yang baik adalah kandang yang memiliki nilai estetika dan nilai kesehatan untuk kelinci peliharaan anda. Sebaiknya anda sediakan liftering dan tempat buang air kelinci,mulailah untuk mengajarkan kelinci agar membuang air pada tempat yang sudah anda sediakan,jika kelinci sudah anda ajarkan maka kelinci akan mampu untuk membiasakan buang air pada tempat yang anda berikan. Jangan lupa untuk memperhatikan pada setiap kandang jangan sampai ada lubang yang bisa dimasuki tikus yang dapat membahayakan kesekamatan kelinci anda.

Posisi tempat kandang kelinci anda harus berada pada sinar matahari, atau sebaiknya posisi  kandang harus tekena sinar matahari.Agar kelinci dapat berjemur saat kelinci merasa kedinginan, disamping itu sinar matahari juga baik untuk menjaga kesehatan kelinci yang berada dalam kandang.


Pakan kelinci yang harus anda perhatikan

Pakan kelinci merupakan hal utama yang harus anda perhatikan. Ketersediaan makanan kelinci terutama pada malam hari harus wajib anda sediakan untuk keberlansungan hidup kelinci hewan peliharaan anda.Selain makanan kelinci, air minum juga harus tersedia air yang cukup dalam botol minuman kelinci,Hindari untuk menyediakan air minum dalam mangkok, karena hal ini bisa menyebabkan masuknya bakteri atau kuman dalam mangkuk yang dapat menyebabkan kelinci pelihaan anda terserang penyakit. Type makanan yang paling cocok untuk kelinci anda adalah.

  • Rumput dan hay adalah jenis makanan utama kelinci. Jenis makanan ini sangat cocok untuk pencernaan kelinci yang jumlah serat dan energi yang pas,rumput tidak memiliki gas yang dapat mengganggu pencernaan kelinci karena kelinci tidak memiliki lambung,berikan 80% dari pakan utama kelinci berupa hay/jerami dan rumput.Sebaiknya anda hindari pemberian makanan berupa kangkung,kol dan berupa sayuran hijau yang mengandung banyak gas.
  • Pakan kelinci berupa pelet, berikan pelet kelinci yang pas karena pelet ini mengandung gizi  yang cukup tinggi untuk kesehatan kelinci.
  • Buah buaahn juga baik untuk kelinci, berikan buah buahan pada kelinci kesayangan anda, buah buahan dapat berupa wortel, buah aple, buah pepaya yang sangat baik dan cocok untuk kelinci anda.

Nah cukup mudahkan dalam merawat kelinci peliharaan anda,dengan keyakinan yang kuat jika anda memulai untuk memelihara kelinci maka semuanya akan berjalan dengan baik sesuai dengan keinginan anda.Persiapkan dengan matang jika anda ingin merawat kelinci. Demikianlah tips dalam merawat kelinci hias agar sehat dan dapat berkembang dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin memulai usaha ternak kelinci peliharaan dirumah.




Jika Bermanfaat, Mohon Bagikan Artikel ini:
Sebelumnya
Next Post »