Cara memelihara ikan hias laut yang benar

11:00:00 AM
Masing masing orang memiliki hoby dan kesukaan masing masing, jadi setiap orang mempunyai hobi yang berbeda beda, ada yang suka memelihara burung,ada yang suka memelihara kucing,ada yang suka memelihara kelinci dan ada yang suka memelihara ikan hias air tawar maupun ikan hias laut.Masing masing perbedaan hewan yang anda pelihara tentunya berbeda juga tahap perawatan dan cara pemeliharaan hewan tersebut. Jika anda suka memelihara ikan hias laut, anda harus tahu bagaimana cara memelihara ikan hias laut, bagaimana cara kataran air, takaran makanan dan  takaran oksigen yangterdapat dalam akuarium yang anda miliki agar ikan yang anda pelihara bisa hidup dengan baik.

Memelihara ikan dalam akuarium harus lengkap dengan mainan seperti gelembung air, terumbu karang, pasir,kerikirl dan tidak lupa dengan busa penyaring air agar air yang naik ke mesin dan turun ke akuarium selalu jernih dan tidak bau. Makanan yang biasanya di berikan untuk ikan hias berupa pelet kecil kecil. Untuk memperindah akurium agar terlihat lebih mempesona, berikan stiker atau kaca film berwarna terumbu karang pada bagian belakang akuarium, serta beriukan lampu berwarna agar akuarium anda lebih indah di pandang mata.




Berikut cara memelihara ikan hias laut dalam akuarium agar selalu sehat dan ceria.

  • Set up lingkungan akuarium untuk pertama anda harus melakukan settingan supaya ikan laut yang ada dalam akuarium merasa nyaman dan tidak mudah mengalami depresi atau stres.Masukan air laut kedalam akuarium serta berikan pompa air, bisa berupa gelmbung air atau air turun agar ikan merasa senang berada dalam akuarium.Diamkan air laut selama 3-4 minggu agar air laut bisa mendekati bentuk atau kadar air laut aslinya, jangan lansung memasukan ikan ke dalam akuarium setelah anda memasukan air. Hal ini bertujuan agar air laut bisa mendekati kadar air yang sesungguhnya.
  • Ikan air laut memang memerlukan kesabaran yang cukup tinggi, anda harus benar benar bisa bersabar dalam merawat ikan hias laut dalam akuarium anda.Ikan yang baru anda beli jangan lansung memasukan ke dalam akuarium, namun berikan ambangan terlebih dahulu ke permukaan air akuarium selama 5 menit, anda juga bisa memasukan air akuarium terlebih dahulu ke dalam plastik selama 3 menit, kemudian anda bisa melepaskan ikan ke dalam akuarium.
  • Cocokkan jumlah ikan dengan ukuran akuarium anda. Jika anda mempunyai akurium yang kecil, jangan memasukan ikan terlalu banyak kedalam akurium, hal ini bisa menyebabkan ikan ikan yang berada dalam akuarium anda menjadi stres akibat banyaknya jumlah ikan yang berada dalam akuarium tersebut, jadi sebaiknya sesuaikan jumlah ikan dengan ukuran akuarium yang anda miliki.
  • Berikan permainan ikan dalam akuarium anda, seperti hal nya ikan berada dalam laut lepas, anda bisa memasukan mainan jenis terumbu karang, atau batu karang tempat persembunyian ikan ikan saat berada dalam akuarium anda. Jadi intinya anda harus bisa membuat ikan dalam akuarium anda merasa nyaman dengan lingkungan ikan yang baru.
  • Makanan ikan juga harus tepat dan benar, jangan memberikan makanan pada ikan terlalau banyak, dan usahakan anda memberikan makanan ikan tepat pada waktunya, jangan berikan makanan terlalu banyak dan juga jangan kasih makan terlalu sedikit.
  • Usahakan anda kadar dan suhu air laut dalam akuarium anda selalu stabil, jika air sudah mulai keruh, sebaiknya anda ganti dengan air yang baru, pengantian air juga diharapkan lebih hati hati agar tidak menganggu ikan dalam akuarium.
  • Untuk mendapatkan air laut, anda bisa mendapatkan di toko penjual ikan hias, anda bisa membeli air laut ke toko tersebut untuk mengannti air laut dalam akuarium anda.

Banyak jenis dan nama ikan hias laut yang bisa anda rawat dalam akuarium anda, berikut daftar nama nama ikan hias laut yang dapat anda pelihara dalam akuarium.

  • Ikan hias badut
  • Ikan hias bendeng
  • Ikan hias barakuda
  • Ikan hias belanak
  • Ikan hias angelfish
  • Ikan hias blue devil
  • Ikan hias botana
  • ikan hias yellow tang
  • Ikan hias neon tetra
  • Ikan hias laut badut warna
  • ikan hias laut buterfly 
Beragam warna dan bentuk ikan hias menjadikan ikan hias air laut menjadi incaran para pecintas ikan hias, anda bisa memilih bentuk ikan hias yang akan anda jadikan sebagai hiasan dalam rumah anda. Jika anda bisa dan pandai dalam menghias tata bentuk akuarium anda, maka akan memberikan keindahan pada rumah anda dengan adanya akurium tersebut. Jadi bagaimana, apakah anda berminat untuk memelihara ikan hias air laut ini. Panduan cara memelihara dan tata cara merawat ikan hias sudah kami jelaskan dalam postingan diatas secara lengkap dan jelas, jadi anda tidak akan kesulitan lagi dalam merawat ikan ikan hias dalam akuarium. Ikan ikan hias akurium air laut ini bisa menjadi teman disaat anda merasa sendiri dan kesepian.menarik bukan.



Jika Bermanfaat, Mohon Bagikan Artikel ini:
Sebelumnya
Next Post »