Cara menanam dan mengembangbiakan tanaman hias bunga kamboja

4:33:00 PM
Bunga kamboja tanaman hias bunga semboja merupakan sekelompok tanaman dalam marga plumeria. Bentuknya dengan pohon kecil dengan daun yang jarang namun tebal. Bunganya yang harus berciri khas, yang memiliki mahkota putihhingga merah keunguan.Biasanya tanaman hias bunga kamboja dengan 4 bunga dan 6 helai daun yang ada pada bunga kemboja. Tumbuhan kamboja yang berasal dari amerika dengan nama asal plumeria yang diberikan  untuk menghormati chales plumier. Jika kamu ingin membudidayakan tanaman hias bunga kamboja, kamu bisa memelihara bunga kamboja dengan serius agar menghasilkan tanaman hias yang bagus dan tumbuh dengan subur serta memberikan manfaat lebih pada tanaman hias bunga kamboja yang kamu rawat.

Cara menanam tanaman hias bunga kamboja

Tanaman hias bunga kamboja memiliki dua bentu daun, yang pertama tanaman hias kamboja memiliki bentuk daun lancip serta tanaman hias kamboja yang kedua memiliki bentuk bulat.meskipun memiliki perbedaan, yang pastinya tidak akan membedakan cara menanam tanaman hias kamboja ini.Sebelum kamu berniat mengembangbiakan tanaman hias bunga kamboja ini,sebaiknya kami perhatikan dulu hal hal berikut.







  • Bentuk warna
  • Bentuk batang
  • Bentuk daun
  • Serta fungsi tanaman hias yang akan kamu pelihara
Tanaman hias tidak sulit dalam hal mengembangbiakan tanaman hias yang satu ini,sebaiknya kamu usahakan dalam mengembangbiakan tanaman hias dengan cara memberikan sinar matahari secara lansung.Tujuan utama dalam mengembangbiakan tanaman hias bunga kamboja ini terkena sinar matahari agar daunya tidak mudah rusak.Hanya duan yang sudah tua saja yang akan jatuh dan rontok.itu merupakan hal yang wajar dalam perkembangan tanaman, seperrti tanaman hias bunga kamboja yang satu ini.Selanjutnya secara detail cara mengembangbiakan tanaman hias bunga kamboja ini bisa kamu coba dengan langkah langkah dalam membudidayakan tanaman hias bunga kamboja seprti berikut ini.


1.Biji tanaman hias bunga kamboja

Perkembangbiakan tanaman hias jenis bunga kamboja dari biji merupakan hal adnium yang baru.Adenium dari biji menujukan bongol yang membesar yang tidak seperti kebanyakan vegetatif lainya. untuk lebih jelasnya bisa dilihat lansung pada biji tanaman hias bunga kamboja.


2.Cara mengembangbiakan tanaman hias bunga kamboja dengan cara menyambung

Banyak cara yang bisa dilakukan dalam hal mengembangbiakan serta membudidayakan tanaman hias,salah satunya cara membudidayakan tanaman hias bunga kamboja dengan cara menyambung.batang bawah yang berasal dari biji tanaman hias bunga kamboja bongolnya bagus dengan batang atas dari jenis hibrida yang dikehendaki setelah memakan beberapa waktu.Untuk jenis batang bawah biasanya dipilih jenis batang yang sudah berumur 9-12 bulan, namun batang bagian bawah yang besar juga bisa dipakai untuk proses mengembangbiakan tanaman hias bunga kamboja dengan cara menyambung.Kandungan enegery yang ada pada bagian bongol akan memberikan kekuatan serta kesuburan yang akan membuat proses penyambungan berhasil dengan baik.

A.mengembangbiakan bunga kamboja hias dengan cara Setek batang bunga hias kamboja

  • Pilihlah induk tanaman hias bunga kamboja besar,sehat serta tua yang tidak memiliki cacat, kemudian potong pada bagian batang kamboja dengan panjang kira kira lebih kurang 20 centimeter dan diamkan selama lebih kurang satu minggu, kemudian anda letakan pada lokasi yang teduh serta lembab

  • Untuk batang bagian atasnya jika mempunyai daun banyak,sebaiknya anda buang saja daunya dan sisakan 2 helai daun saja, hal ini bertujuan untuk mengurangi proses penguapan tanah saat proses penyetekan kita lakukan.

  • Setelah proses pemotongan selesai dilakukan jangan pula menyelupkan bekas pemotongan tersebut dengan obat peransang akar yang bertujuan kemboja yang kita setek cepat memproses akar yang asli tumbuh.

  • Untuk proses tanamnya kita bisa menggunakan sekam bakar yang bisa kita campur dengan arang, kemudian aduk sampai merata.

  • Jika sudah sampai dalam waktu satu minggu, maka kamboja yang kita setek tadi sudah bisa dipindahkan ke tempat lai, seperti memindahkan kedalam pot.



B.Cara mengembangbiakan tanaman hias kamboja dengan cara okulasi

  • Silahkan anda pilih bibit batang yang bagus,sehat serta tidak cacat untuk proses okulasi tanaman hias bunga kamboja kemudian lihat tunas pada bagian batangnya 

  • Kemudian cari tanam batang bagian bawah yang ingin kita tempelkan tunas tadi, kemudian iris persis sama dengan tunas mata bunga kamboja yang tadi.

  • Selanjutnya tempelkan mata tunas ke bagian batang dengan mata tunas menghadap ketas

  • selanjutnya ikat menggunakan tali plastik yang kuat agar proses penempelan tidak mudah lepas, saat proses mengikat mata tunas kamboja jangan sampai tertutup oleh tali pengikat

  • tempatkan tanaman tersebut pada lokasi yang teduh, namun bebas udar


Demikianlah cara menanam tanaman hias serta mengembangbiakan tanaman hias bunga kamboja,beragam cara yang bisa kita lakukan untuk membudidayakan tanaman kembang hias ini.Mulai dari proses mencangkok,setek sampai pada tahap okulasi tanaman hias bunga kamboja yang bisa memberikan keindahan pada tempat dimana bunga tersebut berada.




Jika Bermanfaat, Mohon Bagikan Artikel ini:
Sebelumnya
Next Post »