Bagaimana cara klaim Jamsostek dan apa syarat mencairkan jamsostek

9:03:00 AM
Jaminan sosial tenaga kerja(Jamsostek) wajib anda ketahui bagaimana cara mencairkan dana jamsostek jika anda ikut bergabung dalam program jamsostek.Ada syarat syarat yang harus anda lengkapi agar dana jamsostek yang anda ikuti bisa cair dengan cepat. Jangka waktu jamsostek bisa dicairkan juga wajib anda ketahui. Jamsostek juga menjamin pemasukan dari penghasilan anda serta keluarga. Jika anda sudah memenuhi syarat klaim jamsostek, maka untuk mencairkan jamsostek akan mudah untuk anda lakukan.

Anggota jamsostek yang masih bekerja saat ini sudah bisa mengajukan klaim jamsostek, dengan syarat anda sudah menjadi anggota jamsostek selama10 Tahun.Jumlah uang yang bisa dicairkan juga terbatas, anda hanya bisa mencairkan dana 10% saja dari total saldo anda. Namun jika anda ingin membangun rumah, dana jamsostek yang bisa anda cairkan bisa mencapai 30% dari total saldo jamsostek anda.Namun, bagi anda yang sudah berumur 56 Tahun keatas yang masih bekerja, boleh mencairkan dana jamssostek semuanya.


Bagaimana cara klaim Jamsoste

Nama dan tanggal lahir pada semua dokumen yang anda miliki harus sama semuanya. Jangan sampai ada salah ketik nama, tanggal lahir, serta alamat anda, usahakan anda teliti dalam membuat data data identitas anda.Karena jika ada kesalahan, walaupun sedikit. Maka hal ini akan mempersulit anda dalam mencairkan dana jamsostek ataupun klaim jamsostek.Untuk itu, sebelum anda mendaftar jamsostek, pastikan data data diri anda semuanya benar,tidak ada kesalahan dan data yang berbeda.

Berikut documen yang perlu anda persiapkan jika anda ingin klaim jamsostek atau ingin mencairkan dana jamsostek

  • Kartu jamsostek yang masih berlaku dan masih aktif, namun jika kartu jamsostek anda hilang, bisa diganti dengan surat keterangan hilang dari kepolisian setempat
  • Surat Rekomendasi dari perusahaan anda bekerja, surat pengalaman kerja atau paklaring satu salinan
  • Kartu Keluarga
  • Buku tabungan
  • Materai 6000 1 Lembar
Agar anda tidak ragu mengenai ketentuan jamsostek,sebaiknya anda kunjungi lansung kantor jamsostek terdekat. atau anda juga bisa mengunjungi halaman website resmi jamsostek untuk mendapatkan informasi lebih jelas dan lengkap.

Jika documen yang anda punya sudah siap semuanya, anda bisa membawa berkas documen jamsostek ke kantor jamsostek untuk klaim dana jamsostek ataupun jika anda ingin mencairkan dana jamsostek. Semoga dengan adanyaa artikel singkat ini bisa membantu anda yang masih belum tahu apa saja syarat untuk klaim jamsostek atau persyaratan untuk mencairkan dana jamsostek.Admin mohon maaf jika ada salah kata dalam penulisan artikel diatas.





Jika Bermanfaat, Mohon Bagikan Artikel ini:
Sebelumnya
Next Post »