Bagaimana cara reset Bios pada Motherboard atau cara mereset baterai CMOS atau clear CMOS motherboard

8:45:00 AM
Fungsi utama dari reset Bios atau mereset CMOS tentunya ada tujuan yang ditemukan dari beberapa kendala atau masalah yang terjadi pada komputer. Banyak alasan mengapa dilakukan reset baterai CMOS pada mothreboard.Bisa jadi karena terjadinya Error pada komputer atau hang yang tidak bisa digunakan komputer sebagaimana mestinya.Selain itu, kenapa dilakukan Reset Bios atau Reset Baterai CMOS misalnya terjadi kendala kendala seperti berikut ini pada komputer anda.



Bagaimana cara reset Bios pada Motherboard atau cara mereset baterai CMOS


  • Komputer tidak bisa booting, sedangkan pada tampilan lanyar gelap dan tidak bisa masuk ke system windows.Nah maka solusinya anda bisa melakukan reset bios pada motherboard komputer anda
  • system komputer yang anda gunakan sudah berantakan,tidak seperti layaknya system komputer yang biasa anda gunakan. Jam yang ada pada system windows tidak beraturan, tidak seperti settingan jam biasanya. Nah untuk masalah ini anda juga bisa mengasinya dengan cara masuk system komputer atau reset baterai cmos ke default.
Dengan melakukan reset baterai cmos atau clear cmos pada motherboard ini biasanya mampu mengatasi masalah yang ada pada system windows anda. untuk itu, jika anda mengalami hal hal yang sama seperti masalah system windows komputer diatas, tentunya anda bisa melakukan perbaikan dengan cara melepas baterai cmos agar kembali ke pengaturan awal atau reset cmos pada motherboard pc anda. Lalu, bagaiman cara mereset baterai cmos pada motherboard. Nah, pada kesempatan kali ini admin akan mengulas hal tentang cara mudah mereset Bios pada motherboard  atau cara reset baterai cmos system komputer.


  • Lepaskan baterai CMOS pada mothreboard dari slot kedududannya, cara ini adalah solusi mengatasi system komputer anda yang error dan sangat mudah untuk dilakukan. Sebelum anda masuk pada pelepasan baterai cmos dari motherboard, pastikan dulu komputer anda sudah off /mati. dan pastikan tidak ada arus listrik yang masuk pada cpu anda. Setelah itu buka berlahan lahan slot atau penjepit baterai cmos, lakukan hal ini dengan sangat hati hati, jangan sampai anda salah mencabutnya.Anda bisa menggunakan obeng kecil untuk langkah bantuan membuka baterai cmos ini.
  • Jika sudah anda lepas, jangan lansung dipasang kembali.Namun silahkan diamkan dulu selama lebih kurang 15 menit, nah barulah anda pasang kembali pada kedudukan motherboard komputer anda.
  • Gunakan jumper yang berada pada baterai CMOS. Jumper ini masih berada dekat dengan baterai cmos. Silahkan anda pindahkan jumpernya sehingga jumper ini akan menghubungkan kaki tengah dan sebelah kanan.Sebaiknya jika sudah anda pindahkan, jangan lansung dipasang kembali, namun diamkan juga selama lebih kurang 15 menit, barulah kembali anda pindahkan keposisi semula yaitu yang menghubungkan pin tengah dan pin kiri.

Namun, jika solusi memperbaiki baterai cmos atau reset baterai cmos seperti yang admin jelaskan diatas tidak membuahkan hasil atau tidak memberikan hasil yang memuaskan. Sebaiknya anda tanyakan pada teman atau saudara yang lebih paham akan hal ini.Jangan sekali kali anda paksakan untuk mengatasi kerusakan komputer pada motherboard, karena jika anda tidak paham apa yang akan anda lakukan bisa berakibat fatal pada komputer anda.

solusi terakhir yang bisa admin sampaikan adalah dengan membawa komputer anda pada ahlinya atau ketempat service komputer dan perbaikan komputer atau repair komputer.Sekianlah yang dapat admin sampaikan pada kesempatan kali ini, admin mohon maaf jika ada salah kata dalam penulisan artikel diatas.Admin mohon maaf jika ada salah kata dalam penulsisan.



Jika Bermanfaat, Mohon Bagikan Artikel ini:
Sebelumnya
Next Post »