Mengetahui Proses Pertumbuhan pada Tanaman Paku yang Berkembang Biak Menggunakan Spora

12:30:00 PM
Apa itu tumbuhan paku atau tanaman paku. Tanaman Paku kumpulan atau sekelompak tanaman yang mempunyai sistem pembuluh sejati (tracheophyta), tumbuhan paku tidak menghasilkan biji untuk berkembang biak, tanaman paku dikenal dengan sebutan paku-pakuan atau tanaman pakis. Pada umumnya tumbuhan paku hidup dan tumbuh dengan cara menumpang pada tumbuhan lainya (tidak semua jenis tanaman paku), namun tanaman paku tidak menjadi parasit (bersifat merusak) bagi tanaman lainya jika tidak dalam jumlah banyak.

Mengetahui-Proses-Pertumbuhan-Pada-Tanaman-Paku-Yang-Berkembang-Biak-Menggunakan-Spora
Gambar: materi.co.id

Tumbuhan paku bisa hidup dan berkembang dengan tunas, bukan menggunakan buah atau bunga penyebaran. Banyak jenis tumbuhan paku, cara mudah untuk menemukan tumbuhan paku adalah ditempat tempat lembat (Kebanyakan tumbuh dihutan) atau pinggri sungai dan sawah.

Bagaimana pertumbuhan Tanaman Paku Yang Berkembang Bia Menggunakan Spora

Pada tanaman paku terdapat inti sel yang berubah fungsi menjadi alat yang dapat mengembangbiakan tanaman paku. Sporanium adalah tempat atau bagian untuk spora yang terkumpul dalam sorus. Sorus ini terletak tepat pada bagian bawah duan, yang bentuknya seperti bintik-bintik berwarna kecoklat-coklatan. Nah untuk daun "Fertil " adalah jenis daun yang bisa menghsailkan "Spora".

Pada saat Sporanium pecah, maka spora otomatis keluar dan lansung jatuh. apabila spora yang jatuh itu tepat pada lokasi yang cocok, maka bisa tumbuh yang nantinya akan menjadi tanaman paku atau tumbuhan paku. 

Untuk menghasilkan tanaman yang lebih bagus bisa dilakukan dengan cara menempel yang disebut dengan"Pertumbuhan Vegetatif". Hal ini dapat terjadi karena mengabungkan dua tanaman yang bagus sehingga bisa menghasilkan tumbuhan yang lebih baik pula. 

Apa itu Spora

Spora yang mempunyai ukuran sangat halus sehingga sangat sulit untuk dilihat oleh mata lansung (tanpa bantuan alat) meskipun itu bisa dilihat akan tetapi terlihat sangat kecil.Spora bisa menyebar melalui bantuan air, angin ataupun hewan. Adapun jenis tanaman yang berkembangbiak menggunakan spora yaitu paku, lumut da jamur.

Apa itu Tunas Pada Tanaman

Tunas adalah bagian tumbuhan yang baru tumbuh atau muncul dibawah tumbuhan induknya. adapun contoh tumbuhan yang dapat berkembang biak dengan tunas adalah tanaman bambu, tanaman pisang, tanaman ubi kayu dan lain lain.

Nah itulah proses pertumbuhan pada tanaman paku yang berkembang biak menggunakan spora melalui pembentukan spora pada daun paku. Spora tersebut letaknya dalam kotak spora atau disebut juga dengan sporanium yang berkumpul dalam "Sorus".

Sorus adalah kumpulan dari kotak spora, sorus terletak tepat pada bagian bawah daun yang mempunyai warna kecoklat-coklatan.

Nah demikianlah cara perkembangbiakan paku menggunakan spora. Semoga artikel singkat ini dapat menambah informasi yang ingin tahu cara paku berkembang atau cara mengetahui perkembangan paku melalui spora. Banyak maaf bila ada salah kata dalam penulisana artikel yang tidak disengaja.


Jika Bermanfaat, Mohon Bagikan Artikel ini:
Sebelumnya
Next Post »