apa pengertian laut dan apa yang dimaksud dengan laut itu

10:42:00 AM
Dari permukaan plate bumi kita ini hampir 80%  laut tidak memiliki batas yang jelas. Bagi pengembara dilaut tidak akan pernah kehilangan arah tujuan hendak kemana mereka berlaya,karena laut tidak memiliki batas yang pasti untuk di tuju. Pada abad pertengahan yunani konon sudah memperkenalkan dengan istilah okeanos yang selanjutnya secara mendalam disebut dengan kata ocean. Kata ocean dalam beberapa teks indonesia yang pada umumnya di artikan dengan kata laut. Pada bagian kata lain kita juga menemukan istilah " sea" dan marine" yang artinya juga sama yaitu " laut".

Bagi bangsa yunani membayangkan hal ini sebagai sungai besar yang mengelilingi permukaan bumi kita ini,namun denifisi ini saja tentunya belumlah cukup untuk dipahami dari pandangan manusia yang sudah canggih pada zaman sekarang ini. Namun tidak bisa dipungkiri munculnya istilah okeanos harus diakui sebagai kemajuan untuk memulai melihat,memahami serta mempelajari apa arti laut yang sebenarnya.




Arti laut menurut ahli sejarah sudah terbentuk sejak lama beberapa milyar tahun yang lalu, yang pada mulanya bersifat asam dengan kadar air yang mendidih,dengan suhu 100 deratak celcius karena akibat panasnya bumi pada kala itu. Asamnya air laut pada saat itu terjadi karena atmosfir bumi dipenuhi oleh karbondioksida, keasaman air laut inilah yang menyebabkan  pelapukan dan meyebabkan laut menjadi asin seperti saat ini. Yang mana pada saat itu seringkali terjadi tsunami karena seringnya atmosfir menghantam permukaan bumi. Pasang surut air laut yang terjadi pada saat itu sangat tinggi dengan gelombang yang sangat dasyat sekali karena jarak bulan sangat dekat dengan bumi.

Ada pendapat yang mengatakan pada saat itu bumi mulai mendingin dan membeku akibat tidak adanya aktifitas vulkanik, yang mana saat itu atmosfir tertutup debu debu vulkanik yang menyebabkan terhalangnya sinar matahari untuk masuk ke bumi.Akibat itu, uap lahar di atmosfer mulai terkondensasi dan mulai adanya pembentukan hujan.

Laut dapat dibagi kedalam beberapa jenis.


  • Laut transgresi: Laut transgresi adalah laut yang terjadi akibat genangan air laut terhadap daratan akibat kenaikan permukaan air laut  60-80 Meter pada zaman berakhirnya zaman es.hal ini mengakibatkan daerah dataran rendah indonesia barat dan timur yang semula berubah menjadi laut dangkal.contoh yang bisa kita ambil laut jawa,selat karimata.
  • Laut ingresi: laut ingresi adalah laut dalam karena dasar laut mengalami gerakan menurun atau turunnya tanah pada dasar laut.contohnya laut banda, laut flores.
  • Laut Regresi: laut Regresi adalah  laut menyempit yang terjadi pada zaman es. hal ini terjadi karena penurunan permukaan laut akibat temperatur di permukaan bumi pada umumnya turun sampai 4 derajat.
Laut menurut jenis lokasi atau tempatnya dapat dibagi pada beberapa tempat

  • Laut tepi: Laut tepi adalah laut yang tempatnya ditepi benua seakan akan hal ini terpisah oleh jajaran pulau.contoh yang dapat kita lihat laut cina selatan yang dipisahkan oleh indonesia dan fhilipina.
  • Laut pertengahan: Laut pertengahan adalah laut yang letaknya di antara benua, contoh yang dapat kita lihat yaitu laut tengah. benua asia,afrika dan eropa.
  • Laut pedalaman: laut pedalaman adalah laut yang letaknya di tengah tengah benua atau laut yang di kelilingin oleh daratan, contoh yang bisa kita lihat yaitu laut hitam dan laut mati.
Laut juga dibagi berdasarkan kedalaman berdasarkan kedalaman laut berikut

  • Zona litoral: zona litoral adalah laut yang letaknya antara garis pasang dan surutnya air laut
  • Zona neritis: zona neritis adalah laut yang letaknya antara kedalaman 0-200 meter
  • zona batial: zona batial adalah laut yang kedalamanya mulai dari 200=2.000 meter kedalaman
  • Zona abisal: zona abisal adalah laut yang kedalamanya mulai dari 1.000-6.000 kedalaman
  • Zona palung: zona palung adalah laut yang kedalamanya mencapi 6.000 meter kedalaman

Itulah pengertian laut yang dapat kita pahami serta apa yang dimaksud dengan laut, ada laut dalam, laut dangkal,laut tepi dan ada laut dalam. sehingga dengan adanya macam macam pembagian laut kita akan lebih tahu mengenai apa itu arti laut. Semoga postingan mengenai arti laut diatas bermanfaat.



Jika Bermanfaat, Mohon Bagikan Artikel ini:
Sebelumnya
Next Post »