cara memelihara musang pandan yang benar

9:24:00 AM
Di indonesia dikenal sangat banyak jenis jenis musang yang cukup banyak. Mulai dari jenis musang yang mudah ditemui sampai pada musang yang susah ditemui dalam habitatnya. Hewan ini dikenal semulanya sebagai hewan hama karena hewan ini sering memangsa hewan ternak atau hewan peliharaan, seperti memangsa ayam, memangsa itik, memangsa telur ayam dan lainya. Karakteristik musang pandan umumnya sama saja dengan karakteristik musang lainya, Namun secara mendalam karakteristik musang dapat di bagi sebagai berikut.



  • Karnifora ( hewan pemakan daging) Meskipun dialam musan bisa memakan apa saja, yang pastinya musang ini lebih suka memakan daging.
  • Nocturnal (Aktif pada malam hari) Musang menghabiskan waktu siang hari untuk tidur, dan mulai aktif dari senja hingga penghujung malam. Yang pastinya musang ini cendrung malas pada siang hari atau menghabiskan waktu tidur pada siang hari.
  • Arboreal ( suka hidup di pohon)Meskipun musang sering ditemui ditanah atau ditempatkan di dalam kandang, namun kebiasaan musang lebih suka hidup di pohon pohon

Cara memelihara musang pandan yang benar

Jika kamu suka hewan yang satu ini yaitu memelihara musang pandan, tidak susah untuk memelihara musang pandan ini, hanya diperlukan ketekunan dalam memeliharanya,serta dengan kesabaran yang tinggi kamu akan merasa mudah untuk memelihara musang pandan ini, jika musang pandan ini sudah bisa kamu taklukan atau kamu jinakan,musang ini mampu menjadi teman kamu yang setia,sudah banyak yang bisa menjinakan musang pandan ini untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan yang mengemaskan, dengan bentuk wajah yang unik dan imut menjadikan musang pandan banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan yang mengemaskan.

Nah, jika kamu memang berniat untuk memelihara musang pandan ini, silahkan kamu ikuti panduan lengkap dalam memelihara musang pandan untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan dirumah.

  • Musang pandan yang dipelihara biasanya diberikan makanan dari jenis buah buahan, buah yang bisa kamu berikan sebagai makan utama musang pandan seperti buah pepaya,buah pisang,buah apel, dan jenis buah yang lainya.
  • Untuk memberikan makanan musang pandan ini sebaiknya lakukan dengan cara selang seling,  untuk menghindari rasa bosan musan pada makanan yang anda berikan
  • Musang yang anda pelihara juga wajib untuk dimandikan , minamal mandikan musang 1 kali dalam seminggu, dan kandang musang juga perlu anda bersihkan minimal 3 kali dalam seminggu, tergantung dari kondisi kandang.
  • Jika kuku musang sudah mulai panjangm,sebaiknya anda lakukan pemotongan kuku musang agar jika musang sudah jinak, tidak membahayakan anda.
Cara memandikan musang.

Pada umumnya hewan yang suka berkeliaran pada malam hari sangat tidak suka jika tubuhnya terkena air, pada saat anda memandikan musang pandan ini. Anda harus benar benar bersabar, karena pada saat tubuhnya mulai terkena air maka musang ini akan sedikit membentak,itulah sebabnya musang tidak suka dimandikan. Jadi anda harus benar benar teliti dan memandikan musang, jangan sampai anda kena gigitan musang pada saat dimandikan.

Namun jika musang sudah terbiasa dimandikan, hal ini akan dengan mudah untuk anda lakukan pada tahap berikutnya, musang akan terbiasa dengan air pada saat dimandikan, jadi  hanya pada tahap awal saja musang akan galak jika dimandikan,lakukan memandikan musang secara rutin minimal 2 kali dalam seminggu, agar tubuh musang tetap bersih dan tidak berbau.

Itulah cara memelihara musang pandan yang bisa kamu coba jika kamu memang suka dalam memelihara hewan yang satu ini, yaitu tips mudah dalam memelihara musang pandan agar jinak. Musang pandan ini jika sudah mulai jinak, anda akan bisa membawa musang kemana saja, dan anda tidak perlu lagi mengikat musang jika sudah mulai jinak, musang pandan tidak akan berani pergi jauh jika sudah terbiasa mendapatkan makanan dari anda. Sediakan makanan buah buahan yang lengkap untuk makanan musang, anda juga bisa menyediakan buah pisang yang mudah didapatkan untuk makanan utama musang pandan.

Awal mulanya hewan yang satu ini memang akan galak pada anda, namun dengan terbiasanya musang mendapatkan makanan berupa buah buahan dari anda, tentunya musang ini lama kelamaan akan luluh lantak juga hatinya, karena dengan mudahnya hewan yang satu ini mendapatkan makanan yang lezat dari anda. Maka hati musang yang keras dan galak akan mulai jinak. Sebaiknya anda bersabar dulu dalam memelihara hewan ini, hanya dibutuhkan waktu saja dalam memelihara hewan musan pandan agar jinak. Jika musang pandan sudah terlihat mulai agak jinak, mulai lah anda untuk mencoba mendekatinya, bisa dengan cara mengelus ngelus kepala musang yanga artinya mulai pendekatan dengan musang.Meskipun hanya melalui naluri saja kamu mencoba untuk menjinakan musang, namun lama kelamaan musang akan mampu untuk beradaptasi dengan anda dan lingkungan musang yang baru.


Jika Bermanfaat, Mohon Bagikan Artikel ini:
Sebelumnya
Next Post »