apa pengertian harddisk,apa fungsi harddisk dan bagaimana cara kerja harddisk

8:57:00 AM
apa pengertian harddisk. Harddisk merupakan salah satu media penyimpanan yang terdapat dalam komponen komputer, salah satunya yang terdapat dalam Cpu komputer. Harddisk menggunakan piringan datar yang disebut dengan "Platter", yang mana pada kedua sisinya sudah dilapisi dengan material yang sudah dirancang agar bisa menyimpan informasi secara magnetis. Platter platter tersebut di susun dengan cara melubangi tengahnya dan disusun secara spindle. Platter ini akan berputar dalam kecepatan yang sangat tinggi, yang mana kecepatan akan diatur oleh spindle motor yang terhubung lansung dengan spindle. Alat Elektromagnetik baca tulis yang bernama dengan " Head " yang sudah terpasang " Slider " dan yang digunakan untuk menyimpan informasi kedalam piringan atau pembacanya.

Slider ini terpasang diatas Arm, yang mana semuanya terhubung secara mekanis pada suatu kumpulan tunggal serta terhubung pada permukaan piringan melalui suatu alat yang disebut dengan "actuator", Setiap permukaan pada suatu platter mampu menampung data sekitar sepuluh milyar bit data yang diorganisasikan pada suatu potongan yang lebih besar, tentunya dengan alsan yang lebih mudah untuk dioperasikan. 

apa pengertian harddis

Kemudian, apa Fungsi harddisk

Secara umum dan secara Global tentunya sudah sama sama kita ketahui apa fungsi Harddisk, Harddisk dari dulu sampai sekarang masih mempunyai fingsi yang sama, yaitu untuk menyimpan data data pada komputer atau laptop.Serta menyimpan berbagai macam informasi, salah satunya menyimpan data atau informasi Hardware yang ada dalam CPU yang digunakan.Harddisk juga bisa disebut salah satu penentu kinerja komputer atau PC. Semakin cepat kinerja Harddisk, maka semakin cepat pula transfer data yang dihasilkan. Harddisk IDE mempunyai 4 tingkatan kelas yaitu.

  • Harddisk Ultra DMA/33
  • Harddisk Ultra DMA/66
  • Ultra/100
  • Ultra DMA/133
DMA adalah singkatan dari " Direct Memory Access" yang mana DMA ini berfungsi sebagai meningkatkan transfer data. Kemudian apa yang dimaksud dengan Ultra DMA/33, ini maksudnya adalah daya transfer data rata rata 33 Mbps



Jenis jenis Harddisk bisa di rincikan sebagai berikut ini.

  • DISK ATA / IEDE: Harddisk dengan Type IEDE adalah standar versi terbaru suatu antar muka disk yang sesuai untuk koneksi ke Bus. Banyak Produsen dis yang mempunyai rentang disk dengan antar muka IEDE / ATA, Disk semacam ini dapat lansung dibhubungkan ke BUS PCI.

,apa fungsi harddisk
  • Disk SCSI: Banyak disk yang didesain sesuai dengan bentuk antar muka yang sesuai dengan koneksi ke Bus SCSI standark. Namun Disk tersebut cenderung lebih mahal. namun mempunyai kinerja yang lebih baik tentunya .yang kemungkinan mempunyai kelebihan Bus SCSI dari pada Bus PCI

  • Disk RAID: yang menjanjikan  peforma yang sangat luar biasa dan menyediakan ruang penyimpanan yang lebih besar serta handal. Disk tersebut banyak digunakan pada komputer yang perfoma tinggi atau lebih dari komputer yang normal biasanya.


  • Disk SATA: dengan versi serial yang menggunakan kabel tipis yang memiliki jumlah kabel total dua pertiga dari kabel Harddiskdengan Type IEDE atau ATA yang berjumlah 39 Pin serta SATA mempunyai kecepatan data yang sangat tinggi.




Demikianlah yang dapat admin sampaikan pada artikel kali ini, semoga dengan adanya artikel singkat mengenai apa pengertian Harddisk, apa Fungsi Harddisk dan bagaimana cara kerja Harddisk ini bisa membantu menambah wawasan kamu dalam bidang ilmu tekhnologi komputer. Admin mohon maaf jika ada salah kata dalam penulisan artikel diatas.



Jika Bermanfaat, Mohon Bagikan Artikel ini:
Sebelumnya
Next Post »